Spot Tempat Foto Menarik di Kota Lama Semarang

Mengunjungi kota Semarang tidak lengkap rasanya jika melewatkan kawasan kota lama. Banyak tempat menarik yang dapat kamu jadikan pelengkap foto untuk momen-momen kamu bersama teman atau keluarga.

Spot Tempat Foto Menarik Di Kota Lama Semarang

Berikut ini beberapa spot tempat foto menarik yang dapat kamu kunjungi di kota lama Semarang Jawa Tengah.

1. Gereja Blenduk dan sekitarnya

Gereja Blenduk adalah bangunan saksi sejarah pada waktu dahulu yang merekam banyak kenangan. Tempat ini harusnya jadi destinasi wajib para wisatawan yang datang ke Kota Lama.

Para pengunjung bisa berfoto menggunakan Gereja Blenduk sebagai latar belakangnya. Bangunan satu ini memiliki ciri bentuk yang unik. Kamu dapat melihat keunikan tersebut dari bentuk kubahnya yang ‘mblenduk’ berbentuk seperti kubah masjid.

Nama asli dari gereja ini sebenarnya ialah Nederlandsch Indische Kerk dan hingga saat ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah.

Kenapa bernama ‘Gereja Blenduk’? Karena rata-rata orang jawa kesulitan menyebut nama aslinya jadi untuk mempermudah pelafalan dan lebih mudah diingat, dinamakanlah seperti itu sesuai bentuk kubahnya.

Keunikan lainnya dari bangunan ini adalah kubahnya yang berwarna ‘merah bata’ dan ada 2 menara yang berada didepan kubah.

Kejadian serupa juga ada di jembatan mberok, jembatan ini sudah bukan nama aslinya. Saat dulu jembatan ini dapat dibuka dan ditutup karena berfungsi sebagai penghubung dari laut menuju Johar.

Beralih ke seberang jalan, ada gedung asuransi yang dipakai oleh BUMN Jiwasrraya, hingga oleh warga sekitar dikenal dengan Gedung Jiwasraya.

Tidak jauh dari area Gereja Blenduk ada restoran ikan bakar cianjur. Terdapat pula Gedung Marabunta yang ada patung semut besar diatasnya.

Dahulu bangunan ini pernah dijadikan tempat aksi spionase. Aksi tersebut otaki oleh mata-mata bernama “Matahari” yang berparas cantik.

2. Polder Air Tawang

Destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik adalah Polder Air Tawang. Merupakan kolam air besar yang berada tepat didepan stasiun Tawang dan memiliki beragam fungsi.

dari tribunnews

Terdapat trotoar yang mengelilingi tempat ini dan disediakan juga banyak kursi. Orang-orang sekitar sering meluangkan waktu disini sambil melihat aktifitas sekitar atau sekedar sejenak beristirahat.

Kolam ini berfungsi sebagai tempat tampungan air limpahan dari luar tempat tersebut. Memiliki fungsi juga sebagai pengendali permukaan air atau pengendali jika ada banjir kawasan Kota Lama.

3. Stasiun Tawang

Stasiun Tawang adalah salah satu stasiun yang sudah sangat tua usianya, seperti Stasiun Kota yang ada di Kota Tua Jakarta. Stasiun Tawang merupakan stasiun induk di kota Semarang dengan gaya arsitektur bangunan Belanda tempo dulu.

dari semarangkota.com

Dulu stasiun ini dibuat oleh perusahaan belanda bernama Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschsrij selama sekitar 4 tahun, dari tanggal 16 Jun 1864 sampai dengan 10 Feb 1870.

Sejak pertama kali didirikan tidak banyak perubahan di stasiun tua ini. Sayangnya bangunan ini seperti semakin tenggelam karena tanah sekitarnya banyak dinaikkan untuk menangkal banjir dan rob yang sering melanda daerah tersebut.

4. Pabrik Rokok Praoe Lajar

Sekarang beralih ke Pabrik rokok ‘Praoe Lajar’. Ada daya pikat bagi para wisatawan yang berkunjung pabrik rokok. Hal ini adalah karena Pabrik Rokok Praoe Lajar telah ada sejak zaman Belanda.

Gedung Pabrik rokok Praoe Lajar

Pabrik rokok indie masih tetap beroperasi hingga saat ini. Dan merupakan prestasi tersendiri karena berada ditengah ketatnya persaingan industri rokok. Rokok Praoe Lajar masih eksis hingga sekarang tahun 2020, meskipun tidak pernah terlihat iklannya ada ditelevisi.

Alamat Pabrik Rokok Praoe Lajar ada di Jalan Merak No.15 Tanjungmas dan masih berada di dalam kompleks Kota Lama. Distribusi rokok ini menyasar pasar menengah kebawah.

Bentuk gedung pabrik bergaya Belanda kuno dan unik juga membuatnya turut menjadi destinasi wisata saat berada di Kota Lama Semarang. Sesuai namanya, rokok ini juga disebut rokoknya para nelayan dan tak jauh dari sini juga ada perkampungan nelayan.

5. Area Persimpangan di Tengah Kota Lama

Terdapat salah satu area spot mengambil foto terbaik di kawasan Kota Lama yaitu Persimpangan di tengah Kota Lama. Lokasi ini berada di persimpangan antara Jl. Garuda, JL. Jendral Soeprapto, dan Jl. Glatik.

instagram @martanto

Di sekitarnya ada gedung-gedung tua tak terawat namun justru menjadi area yang menarik karena sangat kuno dan natural. Banyak pasangan yang melakukan sesi foto prewed disini.

foto oleh @st.tofaa

Terdapat beberapa tukang becak yang mangkal di area ini hingga menambah ornamen fotografi bertema vintage secara alami di area ini.

Saat kamu ke sini pasti bakal banyak pengunjung yang sedang hunting foto-foto keren terutama saat akhir pekan. Baik yang memegang kamera professional atau hanya menggunakan kamera telpon seluler.

Nah itu merupakan daftar beberapa spot tempat foto menarik di kawasan kota lama semarang. Silahkan berkunjung dan nikmati momennya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *